Breaking News
Loading...
Tuesday 12 May 2015

Sang Penemu Inti Bumi, Inge Lehmann


Inge Lehmann berulang tahun pada hari ini terlahir di Denmark tahun 1888. Hari ini tepatnya hari Rabu, tanggal 13 Mei 2015 adalah hari ulang tahun dari Inge Lehmann, yang tak lain merupakan sang penemu dari inti bumi yang pada hari ini juga kembali dirayakan oleh Google Doodle.

Untuk mengenang dari penemuan-penemuan yang cukup jenius dari Inge Lehmann, Google pun mendedikasikan sebuah animasi yang cukup unik yang seolah menggambarkan dan menjelaskan inti bumi. Lehmann sendiri yang tak lain seorang seismologis ini lahir pada tanggal 13 Mei 1888 serta meninggal dunia pada tanggal 21 Februari 1993 di usianya yang memasuki 104 tahun.

Ketika Anda mengunjungi halaman utama Google hari ini, akan muncul animasi bumi yang berotasi. Animasi bumi itu unik, karena planet kita digambarkan terbelah menjadi dua bagian dengan bagian inti yang terlihat.

Inge_Lehmann (pic:wikipedia)

Google Doodle kali ini tak sedang ingin meramalkan dari kiamat, namun lebih ke arah membagi apresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan oleh Inge Lehmann semasa hidupnya, peneliti asal Denmark.

Jasa yang paling besar dari peneliti asal Denmark, Inge Lehmann yang juga cukup dikenang oleh umat manusia merupakan penemuannya yang mengenai dari inti bumi. Selagi lebih dari dua dasawarsa, Inge Lehmann pun terus melakukan penelitian gempa bumi. Seusai ia membuat sebuah riset yang cukup mendalam, Inge Lehmann pun lantas mengungkapkan bahwa pada bumi mempunyai sebuah pada bagian inti luar serta inti dalam.

Dedikasi google untuk Inge Lehmann (pic:google.co.id)

Pada kemudian hari, telah dijelaskan bahwa sebuah inti luar sendiri merupakan sebuah lapisan cair dengan memiliki ketebalan kurang lebih sekitar 2,266 km yang posisinya terletak di bawah tepat dari mantel bumi, serta pada atas inti dalam. Suhunya sendiri dapat mencapai hingga 4030 derajat celcius. Bakal halnya pada bagian inti dalam, merupakan sebuah bagian paling dalam yang ada di bumi, yang bentuknya pun seperti bola padat yang memiliki jari-hari kurang lebih sekitar 1200 kilometer.

Penemuan Inge Lehmann ini demikian penting bagi ilmu pengetahuan. Hingga kini gagasan Lehmann tersebut masih menjadi dasar pengetahuan seismologis. Kini, memperingati hari lahirnya yang ke-127, kita bisa membayangkan penemuan besar Lehmann melalui doodle cantik yang dibuat oleh Kevin Laughlin.






0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Rocker One All Right Reserved