Arti CTR, CPC, CPC, eCPM, RPM Dan Page Impressions di Google Adsense
Arti CTR, CPC, CPC, eCPM, dan RPM di Google Adsense
Sebagai publisher sebuah iklan tentunya harus mengerti dan memahami istilah istilah yang ada pada aturan tersebut dan saya selalu menemukan istilah CTR, CPC, eCPM dan RPM dalam laporan google adsense.
Sebenarnya saya sendiri tidak pernah dan tidak begitu memperhatikan manfaat istilah tersebut, namun sekarang saya mencoba menyampaikan beberapa pengertian istilah yang selalu digunakan dalam laporan penghasilan google adsense, semoga istilah ini dapat memperjelas pengetahuan kita tentang google adsense.
Sebagai contoh adalah beberapa definisi dari Google Adsense tentang CTR, Page Impressions, CPC, eCPM, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
(pic:hanifidrus.blog) |
1. CTR (Click Through Rate) adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut.
Istilah CTR digunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan iklan. Jadi apabila iklan ditayangkan di sbuah webblog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8%
Contoh lagi: satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan di-klik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
2. CPC (Cost Per Click/ Biaya Per Klik)adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu di klik. Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik ini ditentukan sendiri oleh pengiklan, dan CPC untuk setiap pengiklan berbeda-beda, ada yang bersedia membayar lebih daripada pengiklan lain, tergantung pada apa yang diiklankan.
3. eCPM (Effective CPM) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah page impression (per 1000) yang ia dapatkan dari iklan2nya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50,000 impression akan memiliki nilai CPM sebesar $4 ($200/50).
4. RPM, RPM disini bukannya Rotary Per Minute ya tetapi Revenue per thousands impressions, kalo itu ma untuk menghitung seberapa putaran per menitnya. Sedangkan RPM untuk adsense adalah Revenue per thousands impressions. RPM untuk menghitung Perkiraan Laba dibagi Jumlah Tampilan dikali 1000. Rumusnya adalah RPM=Perkiraan Laba/Jumlah Tampil*1000.
Contoh : misalnya iklan di blog anda mendapatkan penghasilan $0,10 dari 500 tampilan halaman iklan, maka RPM iklan anda adalah RPM= (0,10/500)*1000=$2,00
Nah itu dia beberapa pengertian istilah dalam google adsense seperti CTR, CPC, CPC, eCPM, RPM Dan Page Impressions menurut pengetahuan saya. Apabila terdapat kekeliruan terhadap istilah di atas, mohon dikoreksi ya kawan, dan semoga istilah yang sering digunakan dalam adsense ini bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment